Wednesday 1 November 2017

Cara Instal Xposed Framework di Android Nougat 7.1.2 ARM, ARM64, x86 Lengkap (Root Devices)


Cara Instal Xposed Framework Untuk Android Nougat 7.1.2 (ARM, ARM64, x86) Lengkap - Baru-baru ini, rovo89 selaku pengembang Xposed kini telah merilis secara resmi xposed framework untuk Android Nougat 7.1.2. Saya pun sudah menunggu lama untuk hal ini.

Pada waktu lalu, Xposed Framework untuk Android Nougat memang tersedia tapi dikembangkan oleh pihak lain. Artinya, Xposed tersebut masih mengadopsi xposed framework lama untuk Marshmallow yang masih belum stabil untuk menjalankan tweak-tweak yang ada.

Jadi, pengembangan Xposed dari pihak lain masih belum sempurna layaknya Xposed dari si pengembang aslinya.


Tapi setelah sekian lama menanti, akhirnya rovo89 sebagai pengembang aslinya udah merilis xposed framework secara resmi untuk Android Nougat 7.1.2.

Sayangnya, Xposed Framework dan Xposed Installer belum bisa dinikmati oleh pengguna Android Oreo dikarenakan OS Oreo 8.0 tersebut masih sangat baru dalam hal peluncurannya.

Jadi buat pengguna Android Oreo mungkin harus lebih bersabar lagi untuk menantikan peluncuran Xposed Framework untuk Android Oreo 8.0 secara resmi oleh Rovo89.

Tidak hanya framework saja, si pengembang pun merilis update aplikasi Xposed Installer terbaru yang disesuaikan untuk OS terbaru pula yaitu Android Nougat dengan update versi 3.1.2.

Sebelum lanjut ke proses instalasi, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahannya. Pertama, ketahui dulu jenis arsitektur CPU yang ada di ponsel Android kamu. Lalu, download bahan-bahannya yang sesuai dengan jenis CPU ponsel tersebut.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:
  1. Xposed Framework sesuai jenis CPU pada Ponsel: download di dl-xda.xposed.info (sdk25)
  2. Xposed Installer versi (v3.1.2) apk: download di sini
Silakan lakukan perlahan langkah-langkah yang ada. Apabila terjadi kesalahan dalam proses instalasi, hal tersebut di luar/bukan bagian dari tanggung jawab saya. DO WITH YOUR OWN RISK.

Baiklah, langsung saja beranjak ke tahapannya berikut ini.

1. Install Xposed Framework ZIP Android Nougat 7.1.2 di menu TWRP


Proses pertama yang harus dilakukan adalah menginstal Xposed Framework ZIP di menu TWRP (Recovery Mode). Saya ingatkan lagi bahwa pastikan framework yang ingin diinstal sudah sesuai dengan jenis arsitektur CPU Ponsel Android kalian.


Langkah-langkah yang perlu dilakukan antara lain:

1. Masuk ke menu TWRP, caranya matikan ponsel kalian terlebih dahulu, kemudian tekan tombol Power+Volume Bawah secara bersamaan.

Setelah muncul logo di layar, lepaskan tombol power tapi tetap menekan tombol volume bawah hingga muncul logo menu Team Win Recovery Project (TWRP).

2. Jika tampilan menu TWRP sudah muncul, langsung pilih opsi Install.


Lalu, cari lokasi tempat penyimpanan file Xposed Framework ZIP. Berhubung ponsel Android saya cocoknya pake ARM64, jadi Xposed Framework ZIP yang saya pake harus berjenis ARM64 juga. Kalo keliru, maka nantinya proses instalasi bakal gagal.

Selanjutnya, ikuti instruksi yang ada dengan cara swipe atau geser ke kanan untuk konfirmasi proses instalasi Xposed Framework ZIP.


Setelah proses instalasi selesai, silakan langsung Reboot Devices, nantinya ponsel kamu bakal restart otomatis untuk masuk sistem ponsel. Silakan tunggu beberapa saat, jadi sabar aja ya.

Oiya, ada sedikit info tambahan nih. Jika ponsel kamu menggunakan OS Android Nougat versi 7.1.1, maka kamu bisa download Xposed Framework ZIP jenis sdk24.

Sedangkan untuk OS Android Nougat versi 7.1.2 maka silakan download Xposed Framework ZIP jenis sdk25 yang sudah saya kasih link downloadnya di atas.

2. Instal Xposed Installer APK v3.1.2 Terbaru


Setelah selesai menginstal Xposed Framework ZIP di menu TWRP, selanjutnya silakan instal aplikasi  Xposed Installer APK di ponsel kamu.
Setelah proses instalasinya selesai, silakan buka aplikasi Xposed Installer tersebut, nantinya Xposed Framework di ponsel Android kamu sudah langsung aktif.
Karena sudah aktif, kamu pun bisa menikmati module-module yang tersedia di menu Download.


Itulah langkah demi langkah cara instal Xposed Framework di Android Nougat 7.1.2 untuk jenis CPU ARM, ARM64, dan x86. Mudah banget, kan?

Jika ada yang kurang jelas soal proses instalasi di atas, silakan tanyakan di kolom komentar di bawah ini. Sekian, terima kasih, dan semoga bermanfaat.

Disqus Comments