Saturday 2 September 2017

Cara Memasang Iklan Adsense in-Article Ads di AMP Blog


Cara Memasang Iklan Adsense in-Article di AMP Blog - Buat teman-teman yang blognya sudah support AMP, kali ini saya bakal memberikan tips cara pasang in-Article Adsdi blog AMP yang telah saya modifikasi sendiri dan saya terapkan di blog ini.


Soal format iklan responsif maupun statis untuk blog AMP, Google sudah memberikan penjelasan tentang kode yang dipakai untuk menampilkan iklan-iklan tersebut di blog AMP. Kamu bisa membacanya di sini.

Tapi, gimana untuk format iklan lainnya, seperti in-article?

Nah, untuk format iklan in-article, sebenarnya tidak ada penjelasan lebih rinci dari Google. Tapi, berdasarkan kode html yang diberikan, maka saya mulai mempelajari dan mulai bereksperimen dengan kode-kode tersebut. Hasilnya, iklan yang tampil sesuai dengan format iklan in-article.

Gak perlu berlama-lama, langsung saja ke pembahasan Cara Memasang Iklan Adsense in-Article di AMP Blog.

1. Saya asumsikan kalo kamu sudah membuat iklan in-article dan kodenya sudah tersedia. Jika belum, silakan buat dulu iklan in-Article di dashboard adsense kamu.


2. Copy kode iklan tersebut, lalu simpan di notepad.
3. Silakan copy kode iklan in-article AMP berikut ini ke postingan blog kamu.
<amp-ad
layout="fixed-height"
height="193"
type="adsense"
data-ad-client="ca-pub-xxxxxxxxxxxxxxxx"
data-ad-format="fluid"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-slot="xxxxxxxxxx">
</amp-ad>
Silakan ubah data-ad-client dengan ID adsense kamu, dan ubah data-ad-slot dengan ID iklan in-article kamu.

4. Selesai! Sekarang coba kamu lihat hasilnya dengan membuka blog kamu di PC. Iklan yang muncul persis dengan iklan in-article.



Berdasarkan eksperimen yang saya lakukan, saya menambahkan kode data-ad-format="fluid" dan data-ad-layout="in-article" dari kode iklan default yang diberikan Google.

Saya sih gak begitu yakin apakah menambahkan kode di atas akan berpengaruh juga pada tampilan iklan in-article di mobile, karena value layout = fixed-height yang berarti tinggi slot iklan akan sama baik di PC maupun di mobile.

Tapi, menurut saya sih tidak masalah, selama iklan yang tampil di mobile relevan dengan artikel blog.

Mungkin itu saja tips dari saya mengenai Cara Memasang Iklan Adsense in-Article di AMP Blog. Semoga bermanfaat.

Disqus Comments