Sunday 20 August 2017

Cara Cepat Install ADB & Fastboot Android di Mac OS X Kurang Dari 5 Menit!


Jika kamu ingin melakukan rooting ponsel Android di Mac OS X, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menginstall ADB & Fastboot sesuai Android device yang kamu miliki.

Sebelum lanjut, saya akan menjelaskan secara ringkas mengenai Android Debug Bridge (ADB), yang merupakan suatu alat berbasis perintah (command-line-based tool) yang mengkoneksikan antara perangkat Android dengan komputer berbasis Linux yang saling berinteraksi satu sama lain.

Sedangkan mengenai Fastboot, merupakan engineering protocol atau semacam alat diagnostik yang digunakan dalam modifikasi file system images (berformat *.img) pada perangkat Android melalui komputer dengan koneksi USB, yang mana perangkat Android berada dalam kondisi bootloader.

Baik ADB maupun Fastboot, keduanya dikemas sebagai bagian dari Android Software Development Kit (SDK), yang digunakan untuk memanipulasi bootloader serta menginstal recovery mode secara khusus seperti menginstall TWRP (Team Win Recovery Project).

Biasanya, kamu harus menginstall Android SDK untuk mendapatkan kedua alat tersebut. Namun, kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menginstall keduanya (ADB & Fastboot) sekaligus di perangkat Mac OS X dalam waktu kurang dari 5 menit!


Cara Cepat Install ADB & Fastboot di Mac OS X

  1. Download file Android.zip di Mac OS X.
  2. Ekstrak file .ZIP tersebut, selanjutnya buat folder baru dengan nama Android di Desktop.
  3. Buka Terminal dan ketikkan: cd Desktop/Android
  4. Sekarang, silakan install ADB & Fastboot dengan cara mengetikkan: ./ADB-Install-Mac.sh
  5. Izinkan script tersebut untuk dijalankan. Sekarang file ADB & Fastboot secara otomatis akan ditempatkan di /usr/bin/ di Mac.
Catatan: Silakan pindahkan file Android.zip yang sudah diekstrak tadi ke Desktop agar lebih mudah menemukan filenya.


Well done! Dengan penjelasan cara menginstall ADB & Fastboot di atas, kamu bisa menjalankan perintah dari Mac OS X ke perangkat Android kamu dengan menghubungkan dengan kabel USB. Dan ini akan sangat berguna untuk proses rooting perangkat Android atau melakukan backup data di Mac OS X.

Demikian penjelasan tutorial mengenai Cara Cepat Install ADB & Fastboot di Mac OS X Kurang Dari 5 Menit! Jika ada pertanyaan seputar topik ini, silakan tanyakan saja di kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat.

Disqus Comments