Sunday 20 August 2017

Cara Install TWRP (Custom Recovery) di Semua Ponsel Android Root Terbaru


Menginstall TWRP (Team Win Recovery Project) atau dikenal dengan custom recovery merupakan salah satu yang wajib dilakukan pada ponsel Android yang sudah diroot. Tujuan menginstall TWRP adalah untuk memudahkan pengguna Android rooted dalam hal kustomisasi sistem Android itu sendiri, seperti menginstall custom ROM, membuat cadangan (backup) sistem, menginstall atau flashing berbagai framework dalam format ZIP (seperti: Xposed Framework), dan sebagainya.

Intinya, TWRP merupakan portal utama dalam hal mengutak-atik sistem Android seperti yang disebutkan di atas. Berbicara soal custom ROM dan TWRP, keduanya saling terkait satu sama lain.

Misalnya, jika kamu ingin menginstall custom ROM LineageOS, kamu tinggal menginstall ROM tersebut langsung dari TWRP tanpa harus ribet flashing via fastboot yang memerlukan PC atau laptop dengan USB Debugging untuk membuka bootloader (unlock bootloader) terlebih dahulu.

Selain sebagai portal utama dalam hal utak-atik sistem ponsel, alasan lain yang menjadi kesuksesan TWRP bagi pengguna Android rooted adalah TWRP dapat diinstall pada ratusan ponsel maupun tablet, dengan antarmuka berbasis sentuhannya itu membuat tugas rumit menjadi sangat mudah.

Adapun cara install TWRP di Android saat ini sudah menggunakan metode baru yang lebih mudah bagi pengguna dalam menyesuaikan versi TWRP dengan sistem ponsel. Langsung saja silakan simak ulasan caranya step-by-step berikut ini.

Syarat-syarat sebelum memulai:

Untuk menggunakan metode ini, ponsel kamu harus sudah diroot dan sudah unlock bootloader. Karena aplikasi yang digunakan untuk menginstal TWRP nantinya membutuhkan akses root, dan dengan TWRP akan menjadi custom recovery image (bukan yang disediakan oleh pabrikan ponsel).


Dan apabila tidak dalam keadaan unlock bootloader (bootloader sudah terbuka), maka ponsel kamu tidak bisa memasang TWRP sebagai pengganti tampilan interface pada recovery mode.

Cara terbaik untuk mengurus kedua persyaratan ini adalah dengan menggunakan CF Auto Root, yang dapat bekerja untuk lebih dari 300 ponsel yang berbeda. Utilitas ini memiliki 2 fungsi sekaligus, yaitu untuk melakukan rooting dan membuka bootloader (unlock bootloader) Android.

#1 - Install Aplikasi TWRP Official di Google Play Store

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mendownload dan menginstall TWRP Official App yang merupakan aplikasi resmi dari Team Win selaku pengembang yang sudah tersedia di Google Play Store. Berikut link untuk mendownload TWRP Official App:

Install TWRP Official App di Google Play Store

#2 - Izinkan Akses Root

Setelah berhasil diinstall, buka aplikasi TWRP tersebut. Lalu kamu akan diminta untuk menerima persyaratan layanan (terms of service) dari aplikasi tersebut, kemudian silakan centang ketiga kotak yang ada dan pilih OK. Dari sana, aplikasi TWRP akan meminta akses root, jadi pilih Grant atau Izinkan.


#3 - Cadangkan (Backup) Terlebih Dulu Sistem Recovery Bawaan Ponsel

Jika kamu ingin menerima pembaruan OTA atau kembali ke stock ROM ponsel yang asli, maka cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membuat cadangan (backup) dari recovery image yang ada sebelum melakukan flashing TWRP.

Untuk melakukannya, silakan pilih Backup Existing Recovery di menu utama TWRP App, lalu pilih Backup Recovery dan tekan OK.


Proses pencadangan ini biasanya butuh waktu satu atau dua menit. Jika sudah selesai, salinan recovery image yang asli akan disimpan di memori eksternal (SD card) atau pada partisi penyimpanan internal Anda.

Hal ini bertujuan agar nantinya di waktu mendatang kamu ingin menghapus TWRP, kamu dapat mengembalikan recovery sistem yang asli menggunakan fungsi TWRP Flash yang ada di aplikasi TWRP Official.


#4 - Download file TWRP Image yang sesuai dengan sistem ponsel

Sekarang saatnya mendownload TWRP sendiri dalam format (*.img). Caranya, tap pada TWRP Flash di menu utama, lalu pilih Select Device pada layar berikut. Dari situ, pilih model ponsel pada daftar yang tersedia.


Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memilih versi TWRP yang akan didownload. Saya sarankan untuk memilih TWRP versi terbaru yang ada di bagian teratas.

Setelah memilih versi TWRP, kamu akan diarahkan ke halaman download di browser. Tap pada link download yang ada, kemudian tekan tombol back untuk kembali ke aplikasi TWRP.

#5 - Install TWRP.img

Dari menu Flash TWRP, selanjutnya pilih Select a file to flash.. Dari sana, gunakan menu yang muncul untuk menavigasi ke folder di mana kamu menyimpan file TWRP tersebut. Lalu pilih file TWRP-xxx.img dan pilih Select.


Pada poin ini, kamu telah siap menginstal TWRP. Jadi tap pada Flash to Recovery di bagian bawah layar, lalu tekan OK pada saat muncul Confirm Flash. Proses ini hanya berlangsung sekitar 1 menit untuk menyelesaikannya.

Setelah selesai, kamu akan melihat pesan yang mengkonfirmasikan bahwa TWRP telah terpasang.


#6 - Jadikan TWRP Sebagai Recovery Mode Permanen

Akhirnya, TWRP telah terpasang sebagai recovery mode sistem secara permanen di ponsel. Untuk masuk ke TWRP, silakan pilih Reboot dari menu navigasi samping aplikasi TWRP, lalu tap Reboot Recovery di bagian bawah pada layar berikut.

Saat berada di TWRP boot up, kamu akan diminta untuk menjadikan TWRP sebagai recovery mode permanen di sistem ponsel, jadi tinggal geser slider ke kanan yang bertuliskan Swipe to Allow Modifications dan TWRP telah terpasang dengan baik.


Saya ingatkan lagi bahwa sebelum melakukan flashing untuk custom ROM atau instal file ZIP apapun, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat cadangan (backup) sistem Android di menu Backup TWRP.

Hal ini untuk berjaga-jaga apabila proses flasing custom ROM mengalami error atau kesalahan maupun kegagalan yang berdampak pada bootloop (tidak bisa masuk sistem; kondisi terjebak di logo), maka kamu tinggal mengembalikan sistem Android yang sudah di backup tadi pada menu Recovery TWRP.

Sekian ulasan artikel ini tentang Cara Install TWRP (Custom Recovery) di Semua Ponsel Android Root. Jika ada pertanyaan soal topik ini, silakan tanyakan di kolom komentar.

Disqus Comments