Sunday 7 December 2014

12 Aplikasi Android Terbaik Untuk Menghemat Baterai Smartphone


Bagi pengguna smartphone Android, permasalahan yang banyak dialami oleh mereka dengan smartphone yang dimilikinya adalah ketahanan daya baterai yang kurang maksimal atau daya baterai kurang tahan lama.

Selain terdapat banyak sekali cara menghemat baterai pada smartphone Android, tak ada salahnya jika Anda mencoba aplikasi-aplikasi yang dirancang khusus dalam mengoptimalkan daya tahan baterai agar penggunaanya dapat bertahan lama.

Beragam smartphone yang kini telah hadir dengan segala macam fitur-fitur menarik yang dimilikinya. Dari desain yang elegan dan indah, kualitas kamera yang sangat baik untuk selfie, dll .. sehingga semua fitur-fitur tersebut sangat mempengaruhi minat masyarakat dalam mempertimbangkan untuk membeli ponsel baru. Tapi mungkin fitur yang paling penting dari semua itu adalah daya baterai yang tahan lama.

Baru-baru ini, sebuah survei yang dilakukan oleh IDC (International Data Corporation) mengungkapkan bahwa 56% dari pembeli Android, 49% dari pembeli iPhone dan 53% dari pembeli Windows Phone mengatakan bahwa alasan terpenting bagi mereka saat memilih perangkat ponsel tertentu adalah daya baterai yang tahan lama.

Perlu diperhatikan bahwa terkadang kita tidak bisa serta merta dapat meningkatkan daya tahan baterai dalam penggunaan dengan mudah. Namun, kita dapat memperpanjang daya hidup baterai dengan menggunakan aplikasi yang dapat meminimalkan daya yang konsumsi pada sistem perangkat smartphone kita.

Untuk itu, dalam posting ini kami akan memberikan informasi yang membahas 12 aplikasi Android yang dapat membantu dalam menghemat daya pemakaian baterai pada smartphone Android Anda.

Artikel terkait: 10 Tips Menghemat Baterai Smartphone Anda

12 Aplikasi Android Terbaik Untuk Menghemat sekaligus Meningkatkan Daya Penggunaan Baterai Pada Smartphone


1. Battery Save Booster

Battery Save Booster adalah sebuah aplikasi penghemat baterai untuk Android yang menyediakan cara termudah untuk menghemat sekaligus meningkatkan daya tahan baterai pada perangkat Android Anda dengan hanya satu kali klik. Hal ini dilakukan dengan mengelola proses latar belakang dan koneksi internet dengan cara yang lebih efisien.

Aplikasi ini juga memberikan informasi pemberitahuan kepada penggunanya tentang tingkat daya baterai yang sedang digunakan. Selain itu, aplikasi ini mengoptimalkan daya tahan baterai untuk masa penggunaan yang lebih lama dengan menonaktifkan beberapa aplikasi latar belakang pada sistem yang sekiranya banyak menguras daya baterai.

Download aplikasi Battery Save Booster di sini.

2. DU Battery Saver

DU Battery Saver adalah sebuah aplikasi penghemat baterai untuk Android gratis yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya tahan baterai pada smartphone Anda hingga 50%. Aplikasi ini menyediakan pre-set mode manajemen mode seperti Long Standby, General Mode dan Sleep Mode.

Dengan penggunaan aplikasi ini memungkinkan bagi pengguna smartphone Android untuk dapat mengatur pilihan mode yang tersedia disesuaikan pada pengaturan yang Anda inginkan untuk smartphone. Jika fitur yang tersedia tersebut tidak cukup memberikan Anda kepuasan, Anda dapat mengupgrade aplikasi DU Battery Saver ini untuk meningkatkan daya tahan baterai sampai dengan 70%. Untuk keterangan lebih lanjut tentang DU Battery Saver, kunjungi situs resmi DU Apps di sini.

Download aplikasi DU Battery Saver di sini.

3. 2 Battery – Battery Saver

2Battery adalah sebuah aplikasi penghemat baterai untuk Android yang memiliki beberapa fitur berguna dan bermanfaat yang dapat membantu menghemat baterai Anda, bahkan dapat meningkatkan daya tahan baterai smartphone Anda hingga 50%. Hal ini dilakukan dengan menggunakan algoritma cerdas pada aplikasi untuk mengubah mode on/off pada koneksi internet smartphone.

Aplikasi ini juga dapat mengurangi kecerahan layar dengan menggunakan built-in screen filter dan bahkan menonaktifkan layar secara otomatis ketika Anda lupa mnonaktifkannya dan langsung menaruh ponsel ke dalam saku atau di atas meja. Anda juga dapat mencoba versi PRO dari aplikasi 2Battery ini selama 24 jam dan bahkan mendapatkan pengembalian uang jika Anda tidak puas dengan fitur yang ada.

Download aplikasi 2 Battery – Battery Saver di sini.

4. COMODO Battery Saver

COMODO Battery Saver merupakan sebuah aplikasi penghemat baterai untuk Android untuk memaksimalkan daya tahan baterai lebih lama dalam pemakaian smartphone Anda. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk beralih perangkat ke mode hemat daya dan menonaktifkan aplikasi-aplikasi yang menguras daya baterai dengan sekali sentuh.

Aplikasi COMODO Battery Saver juga menyediakan informasi secara rincian penggunaan aplikasi yang sedang digunakan dengan daya baterai yang powerful. Aplikasi ini juga dapat mengingatkan Anda bila baterai telah terisi penuh.

Download aplikasi COMODO Battery Saver di sini.

5. Snapdragon Battery Guru

Snapdragon Battery Guru merupakan sebuah aplikasi penghemat baterai untuk Android yang dapat meningkatkan daya tahan baterai secara otomatis pada smartphone Anda. Aplikasi ini memberikan edukasi berupa tips-tips bermanfaat seputar bagaimana cara yang terbaik dalam penggunakan smartphone Anda dan menyesuaikan pengaturan smartphone pada tips-tips yang diberikan tersebut.

Fitur edukasi yang ada pada aplikasi ini akan berjalan pada masa pengenalan 2-4 hari, setelah itu Snapdragon Battery Guru memberitahukan kepada pengguna untuk meningkatkan secara optimal masa pemakaian baterai pada perangkat smartphone mereka. Untuk keterangan lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi situs resminya di sini.

Download aplikasi Snapdragon Battery Guru di sini.


Artikel terkait: 8 Tips Cara Merawat Layar Smartphone Agar Lebih Awet dan Tahan Lama

6. JuiceDefender – Battery Saver

JuiceDefender – Battery Saver adalah sebuah aplikasi gratis penghemat baterai untuk Android yang sangat mudah digunakan bagi pengguna smartphone Android. Aplikasi ini dirancang untuk meningkatkan daya tahan baterai sekaligus memperpanjang masa pemakaian baterai dari perangkat smartphone Android Anda.

Dengan menggunakan aplikasi JuiceDefender - Battery Saver ini, Anda dapat dengan mudah mengontrol konsumsi daya baterai dengan mengelola konektivitas 3G/4G, WiFi dan kecepatan CPU. Aplikasi ini tersedia 5 opsi hemat daya baterai yang telah ditetapkan dan Anda juga dapat menentukan kelima opsi tersebut sesuai keinginan Anda.

Download aplikasi JuiceDefender - Battery Saver di sini.

7. One Touch Battery Saver

One Touch Battery Saver adalah sebuah aplikasi gratis penghemat baterai smartphone Android Anda. Seperti namanya "One Touch Battery Saver", Anda dapat mengaktifkan Power Saving Mode dengan satu sentuhan.

Dengan mengaktifkan Power Saving Mode, secara otomatis akan menonaktifkan WiFi, sistem lokasi GPS, Bluetooth, getaran, cahaya latar belakang pada smartphone Anda. Aplikasi ini juga mengaktifkan Silent Mode untuk meningkatkan daya tahan baterai yang lebih lama.

Download aplikasi One Touch Battery Saver di sini.

8. Deep Sleep Battery Saver

Deep Sleep Battery Saver merupakan sebuah aplikasi penghemat baterai smartphone Android yang memperkenalkan Deep Sleep Mode konsep dan fitur uniknya. Aplikasi ini terus menempatkan ponsel Anda dalam mode Deep Sleep, di mana jaringan internet 3G dan WiFi secara otomatis dinonaktifkan, serta aplikasi latar belakang pun dinonaktifkan.

Hal ini memungkinkan daya penggunaan baterai perangkat smartphone untuk terus-menerus aktif pada interval yang telah ditetapkan untuk men-download email dan hal-hal lain yang perlu diperbarui. Ada 5 mode yang tersedia dalam menghemat baterai ponsel dan Anda juga dapat menentukan pilihan mode tersebut sesuai keinginan Anda.

Download aplikasi Deep Sleep Battery Saver di sini.

9. Easy Batter Saver

Easy Batter Saver adalah aplikasi penghemat baterai smartphone Android yang dapat mengoptimalkan daya baterai dengan meningkatkan penggunaan baterai hingga 50%. Aplikasi ini memungkinkan dapat mengelola konektivitas jaringan ponsel, timeout pada layar, kecerahan layar dan jadwal sleep yang cukup pada smartphone Anda. Aplikasi Easy Batter Saver memiliki 4 mode preset yang canggih dan dapat disesuaikan dengan keinginan Anda.

Download aplikasi Easy Batter Saver di sini.

10. Bataria – Battery Saver

Bataria – Battery Saver adalah aplikasi penghemat baterai smartphone Android yang menyediakan fitur task managing untuk smartphone Anda. Aplikasi ini mengaktifkan Mode Power Save yang dapat menonaktifkan semua sumber daya power yang menguras daya baterai lebih besar seperti background data Sync, WiFi, Bluetooth, dan kecerahan layar untuk mengoptimalkan sekaligus memperpanjang masa penggunaan baterai.

Download aplikasi Bataria – Battery Saver di sini.

11. Battery Saver – Extra Power

Battery Saver – Extra Power adalah aplikasi gratis penghemat baterai smartphone Android yang dapat mengoptimalkan dan meningkatkan masa penggunaan baterai smartphone Anda. Aplikasi ini memiliki berbagai mode hemat daya baterai untuk memperpanjang masa penggunaan baterai sesuai keinginan Anda dan juga menampilkan statistik baterai pada smartphone Anda.

Download aplikasi Battery Saver – Extra Power di sini.

12. Battery Defender – 1 Tap Saver

Battery Defender – 1 Tap Saver merupakan aplikasi gratis penghemat baterai smartphone Android yang dapat mengoptimalkan dan meningkatkan masa penggunaan baterai smartphone Anda. Sekarang Anda dapat meningkatkan masa pemakaian baterai smartphone Anda dengan hanya 1 sentuh dengan aplikasi ini. Selain itu, aplikasi ini dapat menonaktifkan koneksi data dan WiFi secara otomatis setelah layar perangkat Android Anda dimatikan.

Hal ini juga memungkinkan aplikasi ini untuk mensinkronisasi setiap 15 menit untuk memperpanjang masa pemakaian baterai. Terdapat juga 'quiet sleeping feature' yang dapat menonaktifkan jaringan data dan WiFi ketika pengguna sedang tidur, ini yang merupakan sesuatu yang sangat berguna dalam mengatur pola tidur malam dengan baik.

Download aplikasi Battery Defender – 1 Tap Saver di sini.
all image source: www.hongkiat.com

So, aplikasi mana yang terbaik menurut Anda?

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi semuanya. Terima kasih atas kunjungan Anda di blog D&G ini, tepatnya di artikel tentang 12 Aplikasi Android Terbaik Untuk Menghemat Baterai Smartphone.

Jika Anda punya permintaan, saran dan kritik silakan berkomentar di bawah ini.



Disqus Comments