Tuesday 3 July 2018

5 Fitur Tersembunyi Samsung Galaxy S9 atau S9+ Yang Wajib Anda Ketahui


Jika Anda pengguna baru Samsung Galaxy S9 atau S9+, banyak keunggulan fitur keren yang tersedia yang bisa Anda coba. Meskipun banyak fitur mudah diakses, tapi ada beberapa fitur keren lainnya yang belum Anda ketahui, yang mana fitur tersebut masih tersembunyi dari home screen.

Untuk mengaktifkan fitur-fitur tersembunyi tersebut, kami akan membantu Anda untuk mencobanya pada ponsel Samsung Galaxy S9 atau S9+ Anda.

Samsung telah mengemas beragam fitur ke ponsel andalan mereka. Hal ini menjadi alasan utama bagi Samsung untuk para pengguna smartphone agar memilih dan membeli ponsel mereka, tapi banyak pengguna baru yang masih kebingungan dengan banyaknya fitur yang ditawarkan oleh Samsung, sehingga mereka mencoba mencarinya di menu pengaturan.

Pada Galaxy S9, banyak fitur baru yang ditawarkan, seperti AR Emoji , Dolby Atmos Surround Sound, dan Always on Display customization yang agak sulit ditemukan. Untuk itu, yuk kita masuk ke fitur tersembunyi yang paling penting di Galaxy S9.

1. Dolby Atmos Surround Sound

Selain keunggulan kamera, peningkatan hardware terbesar pada Galaxy S9 ini tidak diragukan lagi, termasuk pada sektor speaker stereo. Untuk meningkatkan kualitas output suara pada perangkat, Samsung telah bekerjasama dengan Dolby untuk menghadirkan Atmos Surround Sound yang benar-benar luar biasa.


Ada beberapa cara agar Anda dapat mengaktifkan fitur Dolby Atmos ini. Cara termudah dilakukan adalah dari Quick Setting Panel, caranya swipe ke bawah panel pemberitahuan ponsel, lalu geser ke kiri untuk menampilkan fitur Dolby Atmos di bagian bawah. Setelah mengaktifkan fitur Dolby Atmos, Anda juga bisa masuk ke pengaturan lanjutan Dolby Atmos untuk mengkonfigurasinya.

Untuk masuk ke menu pengaturan lanjutan, tekan lama icon Dolby Atmos pada Quick Setting, yang menampilkan empat opsi yang tersedia, yaitu Auto, Movie, Music, dan Voice.

Jika ponsel sering digunakan untuk multimedia dan panggilan, sebaiknya pilih opsi Auto agar dapat disesuaikan secara otomatis sesuai kebutuhan Anda. Jika digunakan untuk streaming video atau film seperti Netflix, sebaiknya pilih mode Movie.

Silakan pilih dari keempat opsi tersebut sesuai kebutuhan penggunaan, agar output suara menghasilkan kualitas suara terbaik.


2. AR Emoji

Fitur AR Emoji merupakan fitur terbaru di Samsung Galaxy S9 atau S9+. Ide ini cukup sederhana dan menarik, pasalnya Anda bisa membuat karakter Bitmoji dengan foto Anda sendiri, lalu membagikannya dalam format GIF animasi yang menampilkan karakter Anda.

Fitur ini merupakan persaingan dengan Animoji Apple pada iPhone X. Fitur ini merupakan fitur tersembunyi pada perangkat Galaxy S9 atau S9+ yang tidak tampil di menu pengaturan seperti fitur Dolby Atmos, sehingga bagi pengguna baru akan kebingungan atau bahkan tidak akan tahu dengan fitur ini.

AR Emoji ini disematkan bersamaan dengan kamera. Untuk menggunakan fitur ini, silakan buka Kamera, tap untuk mengalihkan ke kamera selfie, lalu geser ke kiri sekali untuk membuka layar AR Emoji.

Dari sini, Anda bisa membuat karakter emoji khusus diri Anda dari hasil foto selfie dengan fitur AR Emoji. Layar berikutnya tersedia opsi untuk menyesuaikan pakaian, warna kulit, dan gaya rambut.


3. Always on Display & Lock Screen Customization

Saat pertama kali Anda menggunakan fitur Always On Display, Anda akan dipandu melalui tutorial singkat tentang penjelasan cara penggunaannya.


Salah satu komponen terpenting adalah kemampuan untuk menyesuaikan Always on Display yang bisa diaktifkan kapan saja sesuai pengaturan jadwal pengaktifannya. Sayangnya, kebanyakan pengguna baru mengabaikan informasi ini pada tutorial pertama. Namun jangan khawatir, Anda bisa menemukan fitur ini di menu pengaturan.

Untuk mengakses fitur ini, caranya silakan buka Pengaturan dan tap pada opsi Lock Screen & Security. Ada sejumlah pengaturan khusus yang perlu disesuaikan.

Di bagian Lock Screen & Always on Display, Anda dapat mengaktifkan fitur ini dengan mengatur waktu sebagai jadwal pengaktifannya. Hal ini memungkinkan untuk mengaktifkan fitur Always on Display selama jam-jam saat Anda terjaga, kemudian secara otomatis mematikannya ketika Anda tidur.


Pada opsi Clock and Facewidgets, Anda dapat memilih tampilan jam yang telah tersedia dan memilih widget mana yang ditampilkan pada Lock Screen & Always on Display. Dengan versi sistem Android Oreo, Samsung juga menambahkan beberapa pilihan tampilan jam yang bisa disesuaikan dan diselaraskan dengan warna wallpaper pada lock screen ponsel Galaxy S9 atau S9+.


Selanjutnya, pada opsi Notifications ini memungkinkan Anda untuk mengubah jenis pemberitahuan yang ditampilkan di layar kunci dan menyesuaikan tampilannya. Ada opsi Hide content yang saat diaktifkan hanya menampilkan ikon pemberitahuan. Fitur ini baru untuk Android Oreo, di mana Samsung juga mengembangkan fitur untuk mengubah transparansi pemberitahuan Anda. Ketika Anda mengatur intensitas transparansinya, Anda akan melihat preview dari layar kunci di bagian atas menu.


Pada bagian akhir terdapat opsi App Shortcuts yang dapat mengatur dan mengubah dua icon aplikasi yang akan ditampilkan di bawah layar kunci. Icon-icon ini dapat menjalankan aplikasi dengan cepat dari layar kunci. Anda dapat memilih dari aplikasi apa pun yang terinstal di ponsel Galaxy S9 atau S9+ Anda.

4. Smart Stay, Quick Launch Camera, & Fingerprint Gestures

Samsung memiliki sejumlah tumpukan fitur yang berguna pada opsi Advanced Features bagian bawah di menu Pengaturan. Secara khusus, menu ini memungkinkan Anda dapat mengaktifkan dua fitur yang sangat populer di Android.

Fitur pertama yang kami sarankan adalah Smart Stay Samsung, fitur ini membuat layar tetap aktif saat Anda sedang aktif melihat perangkat, dengan kata lain layar akan tetap aktif saat Anda sedang berhadapan dengan layar ponsel. Fitur ini menggunakan kamera depan untuk mendeteksi wajah dengan fungsi yang sangat baik.


Fitur populer selanjutnya adalah Finger Sensor Gestures yang fungsinya untuk menampilkan panel notifikasi dengan isyarat menggerakkan jari ke atas atau ke bawah pada sensor sidik jari. Fitur ini sangat padu dengan penempatan pemindai sidik jari yang dipasang di belakang.

Selain isyarat untuk menampilkan panel notifikasi, Samsung juga menambahkan gerakan slide ke atas untuk meluncurkan Samsung Pay dari layar utama.

Fitur Quick Launch Camera pada Galaxy S9 atau S9+, fungsinya adalah pengguna dapat menjalankan aplikasi Kamera dengan cepat dengan menekan dua kali pada tombol Power. Dengan fitur ini diaktifkan, Anda bisa mengakses aplikasi Kamera untuk mengabadikan momen langka yang sangat singkat di sekitar Anda.

5. Custom Navigation Bar & Display Resolution

Kedua fitur ini merupakan fitur tersembunyi yang dapat diakses di menu pengaturan. Pada Display Resolution berfungsi memaksimalkan tampilan layar ponsel Galaxy S9 atau S9+ dengan mengaturnya ke resolusi FHD+.

Cara mengubah resolusi layar, silakan buka Setting -> Display -> Screen Resolution. Untuk menampilkan resolusi pixel maksimal, silakan pilih opsi WQHD+.

Perlu diperhatikan bahwa semakin tinggi resolusi pixel layar yang ditampilkan maka semakin banyak pula menguras daya baterai ponsel. Jika Anda tetap menampilkan resolusi layar terbaik tanpa memperdulikan kapasitas daya baterai ponsel silakan pilih WQHD+. Begitu pula sebaliknya, apabila Anda memilih untuk hemat daya baterai sebaiknya turunkan resolusi layar ke HD.


Selanjutnya, navigation bar (navbar) merupakan tools utama saat berinteraksi dengan ponsel Galaxy S9 atau S9+. Anda bisa menemukan opsi ini di menu Setting -> Display -> Navigation Bar. Fitur navbar ini berfungsi mengubah tampilan dan tata letaknya. Silakan menyesuaikan tata
letak tombol dan tingkat getaran tombol home yang sesuai selera Anda.

Anda juga bisa mengubah warna navbar, yang mana telah tersedia beberapa warna untuk dipilih. Namun tidak tersedia warna gelap untuk konfigurasi navbar. Namun ada cara sederhana untuk bisa menerapkan warna gelap pada navbar, yani menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama NavBar Apps yang tersedia di Google Play Store.


Dengan mengaktifkan kelima fitur tersembunyi di atas, Anda pun sudah siap menggunakan ponsel Galaxy S9 atau S9+ terbaru Anda secara maksimal. Perlu diingat bahwa ada banyak opsi penyesuaian lanjutan lainnya yang bisa Anda dijelajahi di Galaxy S9. Bahkan, Galaxy S9 sudah memiliki beberapa fitur baru yang bakal dihadirkan pada Android P nantinya.

Mungkin itu saja yang dapat kami bagikan seputar fitur-fitur tersembunyi di Galaxy S9 atau S9+, terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca tulisan ini dan semoga bermanfaat!

Disqus Comments