Wednesday 4 July 2018

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 5A (Riva), Redmi 5 Plus & Redmi 5 Dengan Benar


Xiaomi, perusahaan smartphone dari China ini telah meluncurkan ponsel Xiaomi Redmi 5A pada bulan Oktober 2017. Cara unlock bootloader Redmi 5A yang mana prosesnya membutuhkan sedikit kesabaran. Berikut ini akan saya jelaskan langkah-langkah untuk melakukan unlock bootloader Xiaomi Redmi 5A. Yuk simak penjelasan berikut.

Sebelum kita mulai, pertama Anda harus mengajukan permintaan kepada pihak Xiaomi untuk mendapatkan persetujuan mereka untuk melakukan prosedur ini. Ini merupakan prosedur otentikasi Xiaomi untuk memverifikasi apakah permintaan itu ditempatkan oleh pemilik perangkat itu sendiri atau tidak, agar tidak disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kita harus mengajukan izin untuk melakukan unlock bootloader pertama, setelah itu Anda dapat melanjutkan prosesnya menggunakan aplikasi Mi Flash Unlock Tool.

Tidak seperti kebanyakan perusahaan smartphone lain, Xiaomi menambahkan langkah otentikasi tambahan untuk membuka bootloader yang terkunci (unlock bootloader). Hal ini dilakukan dimaksudkan untuk memastikan apakah yang ingin melakukan unlock bootloader itu benar-benar pemilik dari perangkat Redmi 5A, Redmi 5 Plus & Redmi 5.

Perlu diketahui bahwa melakukan unlock bootloader pada perangkat akan menghapus semua data ponsel Anda. Jadi, selalu pastikan bahwa Anda telah mem-backup semua data yang tersimpan di ponsel Anda.

Catatan penting:

Proses unlock bootloader akan menghilangkan garansi ponsel Anda. Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan apa pun. Metode ini hanya berlaku untuk Ponsel Xiaomi. Jangan mencoba metode ini pada ponsel lain!

Persyaratan:

  1. Pastikan Anda telah melakukan full backup ponsel Anda untuk mencegah hilangnya data selama proses unlock bootloader.
  2. Instal Xiaomi USB Driver di komputer Anda. [Download di sini]
  3. Aktifkan USB Debugging pada ponsel Xiaomi Anda.
  4. Pastikan ponsel Anda menggunakan ROM MIUI Resmi untuk proses unlock bootloader.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 5A (Riva), Redmi 5 Plus & Redmi 5

Proses unlocking bootloader terbagi menjadi dua langkah. Pertama, Anda harus meminta izin dari Xiaomi, dan yang kedua lanjut pada proses unlock bootloader melalui fastboot mode.


Tahap 1# Meminta Izin Unlocking

Yang harus Anda lakukan adalah:
1. Buka halaman Apply for Unlock by MI di browser.
2. Tap Unlock Now kotak biru di bawah halaman.


3. Anda akan dialihkan ke halaman login dalam bahasa Mandarin, ubah bahasa ke English di bawah halaman. Selanjutnya, silakan isi kolom yang ada untuk masuk ke akun MI Anda. Pastikan akun MI yang Anda isi sama yang digunakan pada Redmi 5A, Redmi 5 Plus & Redmi 5.


4. Setelah berhasil login, isi formulir yang tersedia dan jangan lupa tulis alasan Anda kenapa ingin melakukan unlocking bootloader pada perangkat Anda. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa memilih salah satu alasan yang kami sediakan dan lihat gambar berikut.

  • My Device is stuck at Logo.
  • My Xiaomi Phone is rebooting again & again.
  • You can choose any other reason.

  1. Isi nama Anda.
  2. Pilih negara.
  3. Masukkan nomor ponsel Anda.
  4. Tulis alasan yang tepat untuk unlocking bootloader.
  5. Isi kode Captcha.
  6. Centang kolom untuk konfirmasi.
  7. Tekan tombol Apply Now.
5. Pada halaman Unlock application permissions, Anda harus menyelesaikan verifikasi berupa kode dari Xiaomi. Setelah kode diterima, lanjut masukkan kode lalu pilih Next.


Jika belum atau tidak menerima kode verifikasi selama 5-10 menit, pilih Resend untuk mendapatkan kode verifikasi.

6. Setelah verifikasi berhasil, Anda akan diarahkan ke halaman yang mengatakan bahwa Application has been successfully submitted, Please be a patient review.


Proses tahap pertama sudah selesai!


Pada titik ini, yang harus Anda lakukan adalah menunggu beberapa hari untuk mendapatkan pemberitahuan persetujuan melalui SMS, ya kira-kira semingguan baru dikirim, jadi bersabarlah.

Setelah mendapatkan pemberitahuan via SMS, langkah selanjutnya melakukan proses kedua yaitu unlock bootloader dengan aplikasi Mi Flash Unlock Tool.

Tahap 2# Unlock Bootloader Redmi 5A, Redmi 5 Plus & Redmi 5 Dengan Mi Flash Unlock Tool

Persyaratan untuk Proses Unlocking:
  • Download Mi Flash Unlock Tool.
  • Pastikan USB Debugging sudah diaktifkan. Jika belum, silakan buka Pengaturan -> Tentang ponsel, tap Versi MIUI sebanyak 7-8 kali hingga muncul "Anda sudah menjadi pengembang". Kemudian buka Pengaturan -> Setelan Tambahan -> Opsi Pengembang, scroll ke bawah sedikit lalu tap pada Debugging USB untuk mengaktifkannya. Jangan lupa aktifkan juga OEM Unlock dari pengaturan ini.

  • Download & instal USB Driver Redmi 5A, Redmi 5 Plus atau Redmi 5 di komputer Anda. [Download di sini]
  • Backup data ponsel.
  • Login ke Akun Mi Anda.

Proses Unlock Bootloader Xiaomi

1. Download & instal Mi Flash Unlock Tool di komputer Anda. Kemudian, buka program tersebut.


2. Setelah dibuka, muncul popup Disclaimer seperti berikut, lalu klik Agree untuk melanjutkan.


3. Anda akan diarahkan ke halaman login, silakan masuk dengan akun yang sama pada ponsel Redmi 5A untuk Unlocking Request.


4. Setelah berhasil masuk, akan muncul seperti gambar berikut yang menunjukkan bahwa perangkat Anda belum terhubung. Sekarang, Anda perlu menghubungkan ponsel ke komputer.


5. Matikan ponsel, lalu hubungkan ponsel ke komputer dengan kabel USB. Saat dihubungkan, pencet tombol Power + Volume Down untuk masuk ke mode fastboot.


6. Setelah ponsel berhasil terhubung ke komputer, klik Unlock di Mi Flash Unlock Tool. Proses unlock bootloader ponsel akan dimulai.


7. Proses unlock bootloader berlangsung selama waktu 2-3 menit akan selesai. Setelah prosesnya selesai, Anda akan melihat pemberitahuan bertuliskan Unlocked successfully di aplikasi Mi Unlock.


Selesai! Ponsel Xiaomi Anda sudah berhasil unlock bootloader. Selanjutnya, klik Reboot untuk merestart ponsel. Nah, sekarang Anda bisa melakukan langkah lainnya seperti rooting pada ponsel, lalu menginstal custom recovery (TWRP), flash custom atau fastboot ROM, dan lainnya.

Semoga penjelasan di atas bisa dimengerti dan jika ada pertanyaan silakan tuliskan komentar Anda di bawah.

Disqus Comments