Thursday 17 August 2017

Cara Mudah Mengetahui Jenis Prosesor Arsitektur CPU (ARM, ARM64, x86) di Android


Cara Mudah Mengetahui Jenis Prosesor Arsitektur CPU (ARM, ARM64, x86) di Android - Pada saat peluncuran Android Lollipop di waktu lalu, proses penginstalan Xposed Framework untuk tweak tambahan bagi Android yang sudah di-root menjadi sedikit lebih rumit. Tidak hanya ada installer yang terpisah untuk setiap versi Android, tapi juga kamu perlu tahu persis jenis prosesor (ARM, ARM64, atau x86) yang ada pada perangkat kamu agar file yang didownload cocok dengan prosesor perangkat.

Buat kamu yang suka 'utak-atik' hp seperti gonta-ganti ROM, mengetahui jenis prosesor perangkat sangat diperlukan karena sekarang custom ROM yang tersedia dibarengi dengan file opengapps yang harus sesuai dengan jenis prosesor perangkat.

Arsitektur CPU utama ada tiga jenis yang digunakan di ponsel Android saat ini, yaitu ARM, ARM64, dan x86. ARM mungkin yang paling umum, karena dioptimalkan dalam hal konsumsi baterai.

ARM64 merupakan evolusi arsitektur ARM asli yang mendukung pemrosesan 64-bit untuk komputasi yang lebih hebat dan dengan cepat menjadi standar pada perangkat yang lebih baru saat ini.

Lalu ada x86, yang sedikit lebih kuat daripada kedua jenis ARM CPU di atas, tapi kelemahannya konsumsi daya baterai sangat tinggi. Jadi, prosesor jenis x86 ini beda sendiri karena merupakan jenis terbaru dengan kelas tertinggi dari yang lainnya.


Terlepas dari semua itu, jika kamu tidak tau dengan jenis prosesor pada ponsel yang dimiliki, saya akan berbagi tips tentang cara mengetahui jenis prosesor aarsitektur CPU (ARM, ARM64, atau x86) pada ponsel Android kamu di bawah ini.

#1: Install Aplikasi Droid Hardware Info

Cara termudah untuk mengetahui jenis CPU ponsel Anda adalah memasang aplikasi Droid Hardware Info yang bakal memberikan informasi hardware pada perangkat Anda. Aplikasi ini bisa kamu download di Google Play Store.


#2: Cek Jenis Arsitektur CPU pada 'Instruction Sets' atau 'Set Instruksi'

Selanjutnya, silakan buka aplikasi Droid Hardware Info dan masuk ke tab System. Dari sini, ada dua kolom yang perlu dicek agar mengetahu jenis prosesor perangkat, yaitu Arsitektur CPU (CPU Architecture) dan Set Instruksi (Instruction Sets).


Informasi yang tersedia di kolom Arsitektur CPU dan Set Instruksi seperti gambar di atas memang sedikit berbeda dengan ketiga jenis CPU pada umumnya (ARM, ARM64, x86).


Jika kamu ingin menginstal Xposed Installer, kamu bakal melihat jenis CPU yang muncul sesuai dengan ketiga jenis CPU tersebut seperti gambar berikut:


Informasi pada Arsitektur CPU menunjukkan jenis aarch64, sedangkan di Xposed Installer menunjukkan arm64. Informasi keduanya memang berbeda, tapi kamu jangan khawatir. Kamu cocokkan informasi yang ada di Droid Hardware Info dengan daftar di bawah ini untuk menemukan jenis arsitektur CPU pada umumnya:
  1. ARM: ARMv7 atau armeabi
  2. ARM64: AArch64 atau arm64
  3. x86: x86 atau x86abi

Jadi, jenis prosesor mana yang digunakan perangkat kamu? Apakah ARM, ARM64, atau x86?

Disqus Comments