Thursday 17 August 2017

Cara Install Xposed Framework Installer di Android Lollipop atau Marshmallow Terbaru


Xposed Framework merupakan sebuah aplikasi yang menyediakan beberapa tweak atau module yang sangat berguna bagi pengguna Android rooted. Dibalik itu semua, Rovo89 merupakan satu-satunya pengembang aplikasi Xposed yang telah memberikan banyak manfaat dengan aplikasnya itu.

Xposed Framework yang secara official sampai saat ini masih tersedia dan hanya mendukung untuk Android Lollipop dan Marshmallow, sedangkan untuk Android Nougat masih dalam proses pengembangan.

Memang saat ini sudah ada pengembang lain yang menyediakan Xposed Framework untuk Android Nougat, tapi framework tersebut masih tidak stabil, sering terjadi error, dan bahkan sering terjadi crash.

Saya sendiri sudah mencobanya dengan menginstal LineageOS 14 Nougat 7.1.2 dengan Xposed Framework yang telah disesuaikan dengan arsitektur CPU perangkat saya. Namun, penggunaan OS beserta Xposed framework tersebut tidak berjalan lama karena sering terjadi error, crash, hp kadang restart sendiri, ingin membuka aplikasi sering force close, dan sebagainya.

Untuk saat ini, saya masih menggunakan LineageOS 13 Marshmallow 6.0.1 beserta Xposed Framework yang sudah stabil dan minim crash, bahkan hampir tidak pernah ada.


Adapun untuk Xposed framework yang saya gunakan pastinya sudah cocok dengan prosesor CPU ponsel saya dengan arsitektur arm64. Perlu diketahui bahwa sekarang ini sudah menggunakan cara baru dalam menginstal Xposed.

Pengguna harus mencocokkan jenis prosesor CPU pada perangkat dengan yang tertera di Xposed. Untuk lebih jelasnya, silakan baca: Cara mengetahui jenis Prosesor Arsitektur CPU (ARM, ARM64, x86) di Android.


Xposed sendiri terdapat dua bagian. Pertama adalah aplikasi Xposed Installer, yang merupakan aplikasi yang berfungsi sebagai pusat utama untuk menginstal dan mengelola module yang ada di dalamnya.

Kedua adalah Xposed Framework, yang merupakan basis kode yang digunakan modul untuk melakukan berbagai tweak-nya. Untuk menginstal kedua elemen ini sebenarnya cukup mudah, jadi saya akan membagikan tips soal cara menginstall Xposed Framework di Android Lollipop atau Marshmallow.

Persiapan yang dibutuhkan:

  1. Ponsel Android yang sudah dalam keadaan root.
  2. Sudah menginstal TWRP Recovery.
  3. Ponsel dengan OS Android Lollipop atau Marshmallow.
  4. Mengaktifkan fitur 'Unknown Sources' (Buka Setting > Keamanan > pilih Sumber tidak dikenal untuk diaktifkan)
  5. Lakukan Back-up di TWRP, jika gagal bisa dikembalikan.

Catatan Tentang Versi Android

Agar cara ini berhasil, pastikan ponsel kamu harus dalam keadaan root dan menjalankan versi Android Lollipop (5.0-5.1.1) atau Android Marshmallow (6.0-6.0.1).

Selain itu, sebaiknya ponsel kamu menjalankan Android dengan sedikit atau tanpa skinning (tema bawaan atau launcher). Jika kamu menggunakan perangkat Samsung, ketahuilah bahwa fitur TouchWiz tidak didukung secara resmi oleh Xposed.

Langkah 1: Download Aplikasi Xposed Installer

Pertama, Anda harus mendownload aplikasi Xposed Installer. Aplikasi ini berfungsi untuk portal utama dalam pengelolaan tweak, seperti mendownload dan menginstal modul Xposed. Aplikasi ini juga memungkinkan untuk menginstal Xposed Framework itu sendiri.

Jadi sebelum memulai, pastikan Unknown Sources diaktifkan. Silakan download Xposed Installer.apk versi terbarunya, lalu instal aplikasi tersebut.


Langkah 2: Instal Xposed Framework

Selanjutnya, buka aplikasi Xposed Installer dan menuju ke bagian Framework di menu navigasi samping. Dari sini, pilih Install/Update di bagian atas layar, lalu pilih Install saat diminta.


Kemudian, Xposed Installer akan meminta akses root, jadi pilih saja Grant atau Izinkan. Silakan tunggu sekitar 30 detik pada saat menginstal Xposed Framework. Kamu akan melihat layar dengan hitungan mundur untuk proses reboot ponsel, pilih saja Reboot.


Perlu diingat bahwa reboot pertama kali ini setelah menginstal Xposed Framework akan memakan waktu lebih lama dari biasanya. Jangan beranggapan kalo ponsel bakal mengalami bootloop, itu salah! Jadi, tunggu saja sampai booting selesai hingga masuk ke sistem.


Catatan:
Jika cara di atas gagal, ulangi langkah ini dengan cara Install via recovery untuk menginstal Xposed secara otomatis dari dalam TWRP.

Langkah 3: Install Module di Xposed Installer

Untuk memastikan bahwa semuanya berjalan tanpa hambatan, buka bagian Framework di aplikasi Xposed Installer, dan jika kamu melihat tulisan Xposed Framework version XX is active, maka dari sini siap digunakan untuk menginstal module-module yang tersedia di Xposed Installer.


Selesai!
Xposed Installer sudah aktif dan berfungsi sebagaimana mestinya. Lalu, apa aja sih modul pertama yang bakal kamu pasang setelah memasang Xposed di ponsel kamu? Secara pribadi, saya langsung menginstal 3 module sekaligus (Amplify, Greenify, dan Power Nap) untuk mengoptimalkan atau menghemat daya baterai ponsel saya.

Jika ada pertanyaan seputar cara instal Xposed Framework di ponsel Android kamu, silakan berkomentar di bawah ya. Semoga bermanfaat.


Disqus Comments