Friday 29 June 2018

Cara Mengatur Panel Quick Setting Jadi Transparan Pada Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S9


Dengan kemunculan aplikasi Samsung Good Lock, Anda bisa mengubah bagian interface ponsel Samsung Galaxy Anda tanpa melakukan rooting atau modifikasi sistem secara gila-gilaan pada ponsel.

Pada satu add-on ini khususnya memungkinkan Anda dapat mengkustomisasi dan menyesuaikan panel Pengaturan Cepat (Quick Setting Panel) pada ponsel Galaxy S8, S9, atau Note 8 milik Anda menjadi lebih berwarna.


Nah, aplikasi add-on yang mampu melakukan ini bernama QuickStar, fitur ini ada dalam aplikasi Good Lock yang fungsinya memungkinkan Anda dapat mengubah berbagai pengaturan sistem TouchWiz UI ponsel.

Salah satu mod paling terkenal yang dapat Anda temukan dalam add-on ini adalah fitur yang dapat mengubahsuaikan panel Quick Setting, di mana Anda bebas menyesuaikan warna bertema apapun disitu sesuai dengan keinginan dan suasana hati Anda.

1. Instal Aplikasi Good Lock

Aplikasi Good Lock dan QuickStar ini dapat berjalan dan berfungsi hanya pada perangkat Galaxy yang sudah berbasis sistem Android Oreo 8.0. Silakan Anda instal aplikasi Good Lock, caranya adalah pergi ke app drawer dan tap pada Galaxy Apps, lalu cari dengan mengetikkan "Good Lock" di kolom pencarian dan instal aplikasi tersebut.

Untuk lebih jelasnya, silakan lihat gambar berikut.


2. Aktifkan Fitur QuickStar

Selanjutnya, buka aplikasi Good Lock dan pilih QuickStar dari tampilan menu utama. Lalu Anda akan diarahkan ke halaman download QuickStar di Galaxy Apps, kemudian pilih Instal untuk mengaktifkan add-on tersebut.


3. Kustomisasi (Ubahsuaikan) Panel Quick Setting

Setelah aplikasi Good Lock terinstal dan fitur QuickStar sudah aktif, sekarang buka QuickStar tadi lalu pilih Coloring. Dari sini, silakan tap toogle di bagian kanan atas atau persis di bawah tulisan Coloring untuk mengaktifkan fitur ini.


Pada halaman Coloring ini, Anda disuguhkan tema-tema yang sudah tersedia dan dapat mengubah panel Quick Setting dengan cepat. Semisal Anda memilih salah satu dari tema yang tersedia, pilih Apply untuk mengubahnya.


Jika tidak ingin memilih salah satu dari tema yang tersedia dan ingin mengubah warna panel Quick Setting sesuai dengan selera Anda, caranya pilih kotak My Coloring di bawah. Tap pada "Color 1", nantinya akan muncul palet warna yang dapat digunakan untuk warna icon yang aktif di panel Quick Setting.


Selanjutnya, pilih "Color 2" untuk memilih warna icon yang dalam keadaan tidak aktif di panel Quick Setting.


Lanjut pada "Color 3", opsi ini untuk memilih warna latar belakang panel Quick Setting.


Selain pengaturan di atas, QuickStar juga memiliki banyak opsi lain yang tersedia untuk kustomisasi panel Quick Setting ponsel Galaxy Anda, seperti mengatur transparansi panel bersama dengan fitur Blur Effect dan Dim Effect yang menjadikan background terlihat blur dan meredupkan latar belakang panel Quick Setting.

Jika ingin panel Quick Setting sepenuhnya transparan, geser pada "Background Transparency" ke kiri atau ke kanan seperti mengatur kecerahan layar ponsel.


Setelah mengatur dan menemukan kombinasi yang sempurna, pilih "Save" untuk menyimpan kustomisasi Anda dan secara langsung membuat profil khusus.

Dari kelengkapan fitur yang ada, ternyata fitur QuickStar ini memiliki kekurangan, yaitu kustomisasi yang telah Anda lakukan terbatas hanya pada panel Quick Setting saja, untuk tampilan notifikasi dan lainnya yang muncul tepat di bawahnya tidak berpengaruh. Sangat disayangkan mengingat hal ini merupakan masalah kecil yang harus diatasi pada pembaruan selanjutnya.

Tapi tak mengapa, sebagus apapun suatu fitur pasti tak luput dari kesalahan dan kekurangan. Semoga aplikasi ini dapat Anda nikmati khusus bagi pengguna Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S9.

Disqus Comments