Friday 29 June 2018

Cara Pasang TWRP di Android- Custom Recovery Terbaik Untuk Android Root


Berbicara soal modding Android, pasti berkaitan dengan rooting sistem Android. Dan berbicara soal rooting pasti tak lepas dari TWRP sebagai recovery mode terbaik untuk Android. Fungsi TWRP sangatlah beragam, yaitu memungkinkan Anda untuk membuat file back-up seluruh data dan sistem Android, menginstal atau flashing file ZIP yang dibutuhkan, mengganti custom ROM yang sesuai keinginan Anda, dan masih banyak lagi.

TWRP kompatibel pada ratusan ponsel dan tablet Android, dan inilah yang menjadikan TWRP sukses dan menjadi pilihan terbaik bagi pengguna Android root. Lalu, bagaimana memasang TWRP sebagai recovery mode di ponsel Android Anda? Simak caranya berikut ini.

Persyaratan

Untuk melakukan cara ini, ponsel Anda sudah di-root dan unlock bootloader. Hal ini dikarenakan aplikasi yang menginstal TWRP meminta akses root untuk mengganti recovery mode bawaan ponsel menjadi recovery mode TWRP, serta interface dari recovery mode berubah menjadi TWRP setelah melakukan unlock bootloader. Apabila bootloader masih terkunci, maka pemasangan TWRP di ponsel akan gagal.


Jika ponsel Anda masih dalam belum di-root dan bootloader-nya masih terkunci, cara terbaik untuk menangani keduanya adalah dengan menggunakan CF Auto Root, fungsinya selain bisa untuk rooting Android, aplikasi ini juga bisa membuka bootloader yang terkunci (unlock bootloader) di ponsel Anda.

Namun, beberapa ponsel Android tidak kompatibel dengan cara CF Auto Root ini. Jika hal ini terjadi pada Anda, kami sarankan untuk melakukan unlock bootloader secara manual sesuai tipe ponsel Anda, setelah itu barulah memasang TWRP via fastboot.

1. Instal Aplikasi TWRP Official

Pertama, Anda harus menginstal aplikasi yang akan membantu menginstal TWRP di ponsel Anda, yaitu TWRP Official dari Team Win. Anda bisa mendownloadnya di Google Play Store.

Download TWRP Official di sini

2. Berikan Izin Akses Root

Selanjutnya, buka aplikasi TWRP yang didownload tadi, nantinya Anda akan diminta untuk menerima persyaratan layanan, jadi centang saja ketiga kotak yang tersedia lalu tekan OK. Aplikasi TWRP akan meminta akses root, jadi pilih Grant pada popup Superuser.


3. Memback-up Recovery Bawaan Ponsel

Memback-up recovery bawaan ponsel dimaksudkan agar jika nantinya Anda ingin melakukan pembaruan OTA atau kembali ke stock rom asli. Jadi, lakukan back-up recovery bawaan sebelum memasang TWRP. Caranya, tap pada Backup Existing Recovery di menu utama TWRP, lalu pilih Backup Recovery dan tap Okay.


Proses ini akan selesai sekitar 1-2 menitan. Setelah selesai, simpan file hasil backup tadi ke penyimpanan eksternal ponsel Anda. Apabila nantinya Anda ingin menghapus TWRP, Anda bisa mengembalikan recovery bawaan dengan file tersebut melalui aplikasi TWRP tadi.

4. Download file TWRP (img) yang kompatibel

Sekarang saatnya mendownload file TWRP. Caranya, tap TWRP Flash di menu utama lalu tap Select Device. Silakan pilih file TWRP yang sesuai dengan ponsel Anda.


Selanjutnya, silakan pilih versi TWRP yang akan didownload dan dipasang. Saran kami, pilihlah file TWRP versi terbaru di bagian atas dalam daftar pilihan. Setelah memilih versi, Anda akan dibawa ke halaman download melalui browser. Tap pada link download di bagian atas halaman. Setelah terdownload, silakan kembali ke aplikasi TWRP.


5. Pasang TWRP

Langkah selanjutnya, dari menu TWRP Flash, tap pada Select a file to Flash. Lalu, muncul navigasi folder dan arahkan ke penyimpanan file TWRP img yang telah didownload tadi, kemudian pilih file tersebut dan tap Select.


Di sini, Anda siap memasang TWRP! Selanjutnya, tap Flash to Recovery di bagian bawah layar, lalu pilih Okay. Proses ini cukup singkat hanya sekitar 30 detik untuk menyelesaikannya. Setelah prosesnya selesai, Anda akan melihat pesan yang mengonfirmasi bahwa TWRP telah dipasang.


6. Jadikan TWRP Sebagai Mode Recovery Permanen

Langkah berikutnya, Anda harus menjadikan TWRP sebagai mode recovery permanen pada ponsel Anda. Jika tidak, sistem Android dapat menggantinya dengan mode recovery bawaan ponsel setelah reboot. Caranya, pilih Reboot dari menu navigasi samping aplikasi TWRP, lalu pilih Reboot Recovery pada layar berikutnya.

Saat TWRP melakukan reboot, Anda akan diminta untuk menjadikannya sebagai mode recovery permanen, jadi geser ke kanan yang bertuliskan Swipe to Allow Modifications dan ponsel Anda sudah siap terpasang TWRP secara permanen!


Saran tambahan, sebelum Anda menginstal atau flashing file ZIP dan custom ROM, sebaiknya yang harus dilakukan adalah membuat cadangan NANDroid, ini berfungsi sebagai titik pemulihan jika ada kesalahan dalam penginstalan file ZIP nantinya.

Nah, apakah cara memasang TWRP di atas sudah jelas dan dimengerti? Jika belum dan ada yang ditanyakan, silakan tuliskan pertanyaan Anda di kolom komentar di bawah. Terima kasih!

Disqus Comments