Friday 2 November 2018

Download & Instal Android Pie (Beta) di Samsung Galaxy S9/Galaxy S9+ Terlengkap (Advanced)


Beberapa waktu lalu Samsung Galaxy S9 atau Galaxy S9+ telah mendapatkan update sistem operasi Android Oreo 8.1, dan sekarang kedua ponsel tersebut juga telah mendapatkan update sistem terbaru, yaitu Android Pie (Beta).

Perlu diingat bahwa sebagai versi beta, fitur-fitur pada Android P ini masih belum bisa dinikmati sepenuhnya, atau bahkan masih terdapat bug atau masalah lainnya. Meskipun masih versi beta, namun Android Pie ini tetap bisa berjalan dengan baik dan stabil.

Proses upgrade sistem yang saya maksud di sini melalui proses flashing dengan Odin3, efeknya nanti bakal menghapus seluruh data yang tersimpan di ponsel, karena proses ini juga include dengan memformat ulang ponsel.

Jadi, sebelum melanjutkan proses ke tahap berikutnya, ada baiknya silakan backup terlebih dulu seluruh data-data penting yang tersimpan di ponsel Galaxy S9/S9+ Anda agar tak terbuang sia-sia.

Persyaratan

Sebelum lanjut, silakan siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk upgrade sistem Android P berikut ini:

____________________________
!!! Do With Your Own Risk !!!
____________________________

1) Download Firmware Android Pie (Beta) - Galaxy S9 (G960U/G960U1) atau Galaxy S9+ (G965U/G965U1)

Pertama, file yang dibutuhkan adalah firmware Android Pie Beta yang akan diinstal dengan proses flashing via Odin3. Silakan download firmware di bawah ini dan simpan di komputer/laptop Anda. Perlu diingat, ukuran file firmware ini cukup besar, sehingga proses pengunduhan akan memakan waktu cukup lama. (kecuali Anda memiliki koneksi internet kecepatan tinggi).

2) Cek Versi Firmware di Pengaturan (Baseband Version)

Kedua, Anda harus mengetahui versi software pada ponsel Galaxy S9 atau Galaxy S9+, caranya cek menu Setting dan tap About Phone di bagian agak bawah, lalu pilih "Software Information".
Setting > About Phone >  Software Information > Baseband Version (English)
Pengaturan > Tentang Ponsel > Informasi perangkat lunak > Versi pita basis (Indonesia)

Dari menu tersebut, cek pada opsi "Baseband Version" untuk melihat versi firmware ponsel. Jika kode pada baseband version berakhiran "ARI6" seperti gambar di bawah ini, Anda bisa melanjutkan ke Langkah 7.

Jika akhiran kodenya selain ARI6, silakan ikuti langkah berikutnya (step 3).

3) Download Pembaruan Sistem Android Oreo Terbaru

Seperti yang telah saya jelaskan di atas, jika versi firmware ponsel Galaxy S9 atau S9+ bukan berakhiran AR16, maka Anda harus melakukan flashing ponsel ke versi Android Oreo terbaru dengan Odin3 di komputer atau PC.

Saya sudah menyediakan semuanya, jadi silakan download saja aplikasi Odin3 v3 dan firmware yang sesuai dengan ponsel Galaxy Anda (S9 atau S9+).

4) Masuk ke Download Mode & Sambungkan Ponsel ke PC

Setelah file Odin dan firmware Oreo sudah siap, kembali ke ponsel dan booting ke mode download. Caranya, silakan matikan ponsel terlebih dulu, setelah benar-benar dalam keadaan mati total, tekan dan tahan tombol Bixby dan volume bawah (vol-), lalu tekan dan tahan tombol power.

Lepaskan ketiga tombol setelah boot ke mode download, lalu tekan volume atas (vol+) sekali lagi untuk masuk ke Download Mode.


Saat ponsel dalam keadaan Download Mode, silakan hubungkan ponsel ke PC dengan kabel USB yang telah disiapkan sebelumnya. Apabila sudah terhubung, silakan lanjut ke step berikutnya.

5) Persiapkan file firmware di Odin3

Silakan buka program Odin3.exe dengan opsi klik kanan > Run as Administrator. Setelah program Odin tampil dan ponsel Galaxy S9/S9+ Anda sudah terhubung ke PC, maka akan muncul notifikasi Added!! di Odin.


Jika notifikasi Added!! belum atau tidak muncul, silakan tutup program Odin dan cabut USB yang terhubung di PC. Kemudian, boot ponsel ke Download Mode, sambungkan ke PC, lalu buka program Odin. Lakukan cara tersebut sampai notifikasi Added!! sudah muncul.

Jika tidak muncul, mungkin ada kesalahan pada saat menginstal ADB & Fastboot Driver atau Android USB Driver Samsung. Untuk itu, silakan ulangi instalasi kedua driver tersebut sampai terinstal dengan benar.

Setelah ponsel benar-benar terhubung ke PC yang ditandai dengan notifikasi "Added!!", step selanjutnya adalah silakan klik pada tab "Options" (di sana ada pilihan tab Log, Options, Pit).

Pada tab Options, silakan hilangkan centang opsi Re-Partisi.

Kenapa begitu? Untuk menghindari potensi gagal saat proses flashing berlangsung yang berdampak pada bootloop (softbrick).


6) Flashing firmware update Android Oreo terbaru

Dengan melakukan pengaturan di Odin tadi, sekarang Anda siap ke proses flashing ponsel Galaxy S9/S9+ dengan firmware Android Oreo terlebih dulu, agar nantinya bisa lanjut ke proses flashing firmware ke Android Pie Beta.

Untuk memulai, silakan atur pada opsi BL, AP, CP, dan CSC dengan mengklik satu per satu, arahkan ke lokasi penyimpanan firmware Android Oreo yang didownload tadi, lalu pilih file yang sesuai dengan kategori opsi tersebut (BL, AP, CP, dan CSC). Di bagian USERDATA biarkan saja kosong.


Setelah set-up Odin selesai, sekarang Anda siap untuk melakukan flashing Galaxy S9/S9+. Jika semuanya benar-benar sudah siap, silakan tekan Start di bagian tengah bawah program Odin untuk menjalankan proses flashing.

Harap diperhatikan, jika saat proses flashing terkendala pada "setup connection" atau gagal flashing, mau tidak mau Anda harus memulai proses lagi dari Step 4.

Jika kendala ini berlanjut, sebaiknya colokkan ke port USB yang berbeda pada PC Anda, menggunakan kabel USB yang berbeda, atau kombinasi keduanya untuk mengatasi kendala tersebut.

Dalam proses flashing ini akan memakan waktu beberapa menit hingga diselesaikan, jadi silakan tunggu sambil bersantai sambil ngopi dan udud sampai Odin menyelesaikan tugasnya.

Setelah proses flashing selesai dan berhasil memperbarui ponsel menjadi OS Oreo, program Odin bakal menampilkan notifikasi "PASS!" berwarna hijau di bagian kiri atas.


7) Masuk ke Recovery Mode di Galaxy S9/Galaxy S9+

Sekarang ponsel S9/S9+ Anda telah diperbarui ke versi Android Oreo 8.1, langkah selanjutnya tinggal proses upgrade sistem ponsel ke Android Pie.

Pertama-tama, silakan boot ponsel ke Recovery Mode dengan mematikan ponsel sepenuhnya. Sama seperti masuk ke download mode pada step 4, silakan tekan dan tahan tombol Bixby + volume atas (vol+), diikuti dengan menekan dan menahan tombol power.

Setelah ponsel menyala, lepaskan tombol power, lalu lepaskan semua tombol setelah tampil layar biru.


Layar biru dengan logo Android nantinya secara otomatis akan beralih ke layar recovery mode setelah ponsel gagal mendeteksi pembaruan atau perintah apa pun. Setelah berhasil masuk ke recovery mode, lanjutkan ke langkah berikutnya.

8) Siapkan firmware di ADB & Fastboot tools dan flashing via adb sideload

Sekarang saatnya mempersiapkan firmware Android Pie Beta yang sudah didownload untuk pindahkan ke folder adb (jadi satu folder). Biasanya folder adb yang terinstal tadi berada di C:\adb atau di C:\Program Files (x86)\Android\android-sdk\platform-tools.

Jangan lupa file firmware berformat (*.zip) tersebut di rename terlebih dulu untuk memudahkan proses flashing via adb sideload. Silakan rename saja dengan "pie.zip".


Kembali ke ponsel, saat dalam recovery mode terdapat beberapa opsi menu yang ditampilkan. Dari situ, pilih opsi "apply update from adb". Silakan gunakan tombol volume (vol+ dan vol-) untuk memilih menu ke atas atau bawah, dan tombol power untuk memilih opsi menu yang terpilih.

Selanjutnya, kembali ke PC. Dalam folder adb yang berisi firmware Android P tadi, silakan klik kanan+shift lalu pilih Open Command Here. Muncul terminal command prompt yang akan digunakan untuk flashing via adb sideload.


Silakan ketikkan perintah: adb sideload pie.zip (adb sideload <filename.zip>), lalu Enter.

Silakan tunggu proses instalasi pembaruan sistemnya, karena proses ini akan memakan waktu beberapa menit mengingat ukuran filenya cukup besar. Saat proses instalasi sedang berjalan, nantinya akan tampil statusnya dalam persentase untuk melihat progresnya.

Setelah proses instalasi pembaruan selesai, ponsel akan reboot secara otomatis.

Selesai sudah proses flashing upgrade sistem Android Pie Beta untuk Samsung Galaxy S9/Galaxy S9+. Semoga penjelasan di atas dapat dipahami step by step.

Jika ada yang kurang jelas, silakan tuliskan pertanyaan Anda di kolom komentar di bawah ini. Jika ada kritik maupun masukan yang sekiranya masih belum tertulis dalam penjelasan di atas, jangan sungkan untuk memberi tahu saya untuk bisa diperbaiki dan menjadi lebih baik lagi.

Semoga bermanfaat!


Disqus Comments