Saturday 7 July 2018

10 Fitur Unggulan Terbaru Samsung Galaxy S8 Yang Wajib Anda Ketahui


Samsung telah merilis salah satu ponsel flagship-nya yaitu Galaxy S8 dengan tampilan yang sangat menawan. Sebagai ponsel flagship, Galaxy S8 hadir dengan fitur-fitur terbaru yang telah disempurnakan serta didukung dengan tampilannya yang keren dan elegan.

Beberapa fitur canggih Samsung Galaxy S8 menawarkan beragam fungsi yang cukup menarik, namun kebanyakan fitur-fitur tersebut masih tersembunyi sehingga bagi pengguna baru Galaxy S8 jarang yang mengetahuinya.

Untuk itu, berikut ini kami uraikan 10 fitur unggulan terbaru dari Samsung Galaxy S8 yang bisa Anda coba.

#1. Kustomisasi warna & tata letak Navigation bar

Hadirnya Galaxy S8 dengan tampilan Infinity menghadirkan fitur baru yang memungkinkan pengguna dapat mengkonfigurasi tampilan navigation bar sesuai keinginannya. Fitur ini juga tersedia pada Galaxy S9 dan S9+ sebagai salah fitur tersembunyi yang sangat berguna bagi pengguna baru yang mulai beralih dari merek lain ke Galaxy S8, jadi mereka dapat menyesuaikan tata letak icon navigasi dengan kebiasaannya pada penggunaan ponsel sebelumnya.

Singkatnya, Anda dapat mengubah tata letak tombol navigasi sesuai yang diinginkan. Caranya, buka menu Setting, pilih Display lalu pilih Navigation bar pada tampilan jendela berikutnya.

[Setting > Display > Navigation bar]


Selanjutnya, tap pada Button layout dan akan menampilkan 2 opsi untuk dipilih yaitu (1) Back-Home-Recents, (2) Recents-Home-Back. Silakan salah satu dari opsi tersebut bergantung pada kebiasaan Anda.

Bahkan, ketika layar ponsel dalam keadaan mati, Anda dapat mengaktifkannya melewati lockscreen dan langsung masuk ke home screen dengan fitur Unlock with Home button. Fitur ini mirip smart lock, bedanya ialah Galaxy S8 menggunakan tombol home untuk unlock screen.


#2. Mengubah resolusi layar (screen resolution)

Fitur canggih Galaxy S8 selanjutnya adalah Anda bisa mengubah resolusi layar ponsel sesuai keinginan Anda. Secara default, resolusi layar ponsel hanya pada FHD+ 1080p. Jika ingin lebih, Anda bisa meningkatkannya menjadi 1440p atau 4K (WQHD+).

Cara mengubah resolusi layar, silakan buka Setting > Display > Screen resolution.


Dari sini, Anda bisa meningkatkan resolusi layar ponsel untuk tampilan epik dan detail yang tajam dengan opsi WQHD+ dengan menggeser bar ke kanan.

Perlu diingat bahwa semakin tinggi resolusi layar, semakin besar pula daya baterai yang terkuras. Jadi, silakan atur resolusi layar sesuai kebutuhan Anda.


#3. Sensor Fingerprint lebih mudah digunakan

Galaxy S8 kini telah dilengkapi dengan fitur keamanan ekstra seperti iris scanner dan facial recognition (pengenalan wajah). Keduanya memang canggih, namun masih ada kelemahan.

Pada iris scanner masih kurang akurat dalam melakukan scan pada mata meskipun dalam kondisi cahaya yang cerah. Fitur facial recognition pun demikian, masih bisa diakali dengan scanning hanya dengan foto diri si pengguna.


Kami sarankan untuk menggunakan sensor fingerprint untuk keamanan ekstra ponsel Anda. Ini adalah cara terbaik untuk mengunci dan membukanya hanya dengan sidik jari tanpa bisa diakali oleh apapun.


Adapun penempatan sensor fingerprint Galaxy S8 ini berada di belakang samping lensa kamera ponsel. Hal ini pun menjadi keluhan banyak orang, mereka merasa sulit menggunakannya karena sulit dijangkau dengan jari mereka.

Bagi pengguna yang 'kidal', sensor fingerprint sangat mudah dijangkau dengan jarinya. Bagi yang tidak 'kidal', Anda bisa menggunakan jari tengah untuk menjangkau sensor fingerprint karena lebih panjang dari jari lainnya.

#4. Fitur Screen Mask untuk mempercepat Iris scanning

Screen mask berfungsi membantu memfokuskan mata ke layar saat membuka kunci layar ponsel. Fitur ini bisa ditemukan dalam menu Iris Scanner.

Caranya, silakan buka Setting > Lock screen & Security > Iris Scanner. Silakan pilih Preview screen mask lalu pilih mask yang telah tersedia dalam bentuk kartun lucu untuk diterapkan pada iris scanner.



#5. Konfigurasi Equalizer audio Built-in

Galaxy S8 kini punya fitur baru yang bisa disesuaikan untuk meningkatkan audio experience Anda. Untuk mengakses fitur ini, silakan buka Setting > Sounds and vibration.

Dari menu tersebut, terdapat mode lanjutan (Advanced) dalam mengkonfigurasi equalizer audio untuk mengingkatkan output suara terbaik pada Galaxy S8.


Saat mengkonfigurasi equalizer, sebaiknya dibarengi dengan mendengarkan musik sehingga Anda bisa mendengar perbedaannya. Silakan utak-atik equalizer sesering mungkin sehingga menghasilkan output audio ponsel yang sesuai selera Anda. Tersedia juga preset yang bisa dipilih untuk mengoptimalkan kualitas audio, tergantung pada genre musik yang sedang Anda dengarkan.


#6. Quick switch antara kamera depan dan kamera belakang

Samsung telah mengembangkan quick switch camera yang merupakan fitur terbarunya, yang memungkinkan Anda beralih dari kamera utama (belakang) ke kamera selfie (depan) tanpa harus melihat layar atau mengetuk icon pengalihan kamera.

Ada dua cara untuk mengganti kamera utama ke kamera selfie (dan sebaliknya) secara cepat, silakan pilih salah satu kedua cara berikut ini yang sesuai dengan selera Anda.


Cara pertama, silakan swipe ke atas atau ke bawah pada layar dalam mode kamera untuk mengubah atau beralih secara cepat. Cara ini berlaku baik saat mode portrait maupun landscape.

Bedanya saat mode landscape, silakan swipe ke kiri atau ke kanan layar ponsel secara horizontal, sedangkan mode portrait silakan swipe layar secara vertikal (atas & bawah).


Cara kedua, Anda bisa menekan tombol power 2 kali dengan cepat pada ponsel untuk beralih dari kamera belakang ke kamera depan dan sebaliknya. Pencet tombol dengan cepat, jika ada jeda sedikit nantinya bukan mengalihkan mode kamera, jeda sedikitpun malah mengunci ponsel.


#7. Slider kecerahan layar dengan single swipe

Slider untuk mengatur kecerahan layar secara default menyatu dalam panel Quick Setting. Biasanya, pengguna harus mengusap layar dari atas ke bawah untuk mengatur kecerahan layar. Sekarang cara itu sudah tidak berlaku lagi dengan adanya fitur ini, Brightness slider dengan single swipe.


Saat fitur ini diaktifkan, brightness slider berada di atas dalam panel Quick Setting, dan ini sangat memudahkan pengguna mengatur kecerahan layar dengan cepat.

Untuk mengaktifkan fitur ini, caranya swipe layar dari atas ke bawah 2 kali untuk membuka panel Quick Setting secara penuh, kemudian tap icon panah ke bawah yang berada di samping kanan slider seperti gambar berikut.


Dari sini akan menampilkan menu lanjutan, silakan tap tombol di samping Show control on top. Maka slider kecerahan layar akan berada di bagian atas dalam panel Quick Setting. Cukup usap layar ke bawah sekali untuk menampilkan Quick setting dan slider kecerahan akan tampil seperti gambar berikut.


#8. Dapat mengatur kecerahan senter

Fitur senter LED built-in pada Galaxy S8 kini bisa disesuaikan kecerahannya sesuai dengan kebutuhan pencahayaan Anda. Cukup swipe ke bawah dari atas layar untuk mengakses panel Quick Setting, lalu tap flashlight atau senter untuk masuk ke halaman pengaturannya.

Silakan aktifkan senter dengan cara tap toggle di bagian kanan atas, kemudian menampilkan tingkat kecerahan senter dari level 1 sampai 5. Silakan geser ke kanan atau ke kiri untuk menyesuaikan kecerahan cahaya senter ponsel Anda.


#9. Dapat mengatur DPI scaling

Untuk bisa mengatur DPI scaling biasanya ponsel tersebut harus dalam keadaan root. Tapi, berbeda dengan Galaxy S8 dan S8+ telah menyediakan fitur ini tanpa harus me-root ponsel.

Fitur DPI scaling ini tersembunyi di dalam menu Developer Options. Secara default, developer options ini tidak ada di menu Setting.

Untuk menampilkannya, silakan buka Setting > About phone > tap 10x pada Build number. Setelah itu, menu developer options tampil di bawah menu Setting (tepatnya di bawah About phone).


Untuk mengatur DPI scaling ponsel, silakan buka menu Developer Options, aktifkan terlebih dahulu dengan men-tap toggle di kanan atas. Kemudian, gulir ke bawah dan cari opsi Minimum width.


Tap pada opsi Minimum width dan ketikkan angka secara bebas untuk menyesuaikan ukuran konten yang ditampilkan di layar ponsel. Secara default, Galaxy S8 bernilai 360 dp dan Galaxy S8+ bernilai 441 dp.

Semakin kecil angka dpi yang diatur, maka semakin besar pula tampilan icon dan teks di layar. Begitu pula sebaliknya. Tampilan layar akan langsung berubah setelah mengatur nilai DPI, jadi sesuaikan nominal DPI yang cocok menurut selera Anda.

Contoh display dengan nominal DPI yang berbeda, yaitu 320dp, 360dp, dan 441dp.



#10. Adapt Sound: Tingkatkan kualitas audio Galaxy S8

Adapt Sound adalah fitur tersembunyi di Galaxy S8 yang fungsinya dapat meningkatkan kualitas audio ponsel. Awalnya, pengguna akan mengikuti tes pendengaran (hearing test) bagi pengguna untuk menentukan kualitas yang cocok dengan pendengaran pengguna.

Setelah menjalani tes tersebut, output suara dari headphone akan disesuaikan dengan selera Anda dan dijamin audio experience yang dirasakan bakal membuat Anda puas dengan hasil yang maksimal dari earbud AKG premium Galaxy S8 Anda.

Untuk mengaktifkan fitur ini, silakan buka Setting > Sounds and vibration > Sound quality and effects > pilih Adapt Sound, silakan ikuti petunjuk yang ada untuk melanjutkan tes pendengaran Anda terhadap kualitas audio yang dihasilkan.


Di bagian Preferred ear for calls, tersedia pilihan bagi Anda untuk memilih telinga sebelah mana yang ingin didengar untuk panggilan telepon. Selanjutnya, profil audio kustom yang baru dibuat akan diaktifkan dan tersedia untuk pratinjau. Jadi, tap pada Preview untuk mengecek perbedaan Adapt Sound dengan cara beralih antara opsi Personalized dan Original.


Berdasarkan uraian di atas, apakah sekarang Anda lebih menyukai Samsung Galaxy S8 sejauh ini? Silakan share opini Anda bersama dengan tips bermanfaat lainnya tentang fitur unggulan Galaxy S8 yang epik ini, dengan menuliskan pemikiran dan ide Anda di bagian komentar di bawah ini!

Disqus Comments