Tuesday 21 February 2017

Cara Mudah Mengaktifkan Night Mode Pada Layar Android Smartphone


Fitur Night Mode sudah populer pada iOS 9.3 system, dan sekarang fitur ini sudah tersedia pada hampir semua smartphone Android. Night Mode berfungsi memfilter layar smartphone untuk mengurangi ketegangan mata pada saat digunakan dan mengurangi cahaya biru (blue light) pada layar. Pada artikel ini, saya akan berbagi tips bagaimana cara mengaktifkan fitur Night Mode di Android.

Kebanyakan pengguna Android mengalami masalah ketegangan mata karena terlalu lama berhadapan pada layar smartphone. Hal ini bukan suatu hal yang mengejutkan karena kini zamannya serba modern yang tak lepas dari smartphone sebagai kebutuhan utama.

Seperti pada smartphone Huawei telah menyediakan fitur eye protection mode (mode proteksi mata) yang mana fitur tersebut sangat berguna secara efektif dalam mengurangi blue light pada layar.

Blue light pada layar smarphone memberikan dampak pada penggunanya, seperti susah tidur dikarenakan terganggunya produksi hormon melatonin sebagai hormon penting bagi tubuh kita. Untuk itu, simak tips selengkapnya mengenai cara mudah mengaktifkan Night Mode pada layar smartphone Android berikut ini.


Cara mengaktifkan Night Mode pada fitur bawaan (default feature) smartphone

Menyadari betapa pentingnya fitur ini, Google memutuskan untuk mengintegrasikannya pada smartphone Google Pixel dengan OS Android Nougat. Untuk mengaktifkannya, silakan buka menu Setting > Display >  Night Light. Anda juga dapat mengkonfigurasi fitur Night Light kapan diaktifkan dan kapan dimatikan dengan mengatur jam pengaktifannya.


Fitur Night Light ini juga dapat dikonfigurasi dengan brightness tuning.

Pada model smartphone lainnya, terdapat fitur bawaan yang tersedia untuk mengaktifkan Night Mode pada layar smartphone seperti Asus Zenfone yang menyediakan fitur Bluelight Filter.


Para pengguna Asus Zenfone juga dapat mengkonfigurasi kecerahan serta warna layar sesuai keinginan pada fitur Mode warna layar. Untuk mengaktifkannya, silakan buka menu Setting > Tampilan > Mode warna layar pada Asus Zenfone Anda.


Jika smartphone Anda tidak memiliki fitur bawaan Bluelight filter, Anda bisa menggunakan aplikasi tambahan Bluelight Filter for Eye Care di Google Play. Fungsinya sama untuk mengurangi cahaya biru (blue light) dan juga bisa meredupkan layar dengan cahaya yang sangat minim. Aplikasi ini sangat berguna dalam meminimalisir kecerahan layar agar mata Anda tetap terjaga dari ketegangan maupun radiasi yang dipancarkan.



Informasi:
  • Versi aplikasi: 2.4.3
  • Size: 5.56 MB
  • Kompatibel untuk: minimal Android 4.0 atau lebih tinggi

Demikian artikel ini saya bagikan mengenai Cara Mudah Mengaktifkan Night Mode Pada Layar Android Smartphone. Semoga bermanfaat.

Disqus Comments