Monday 27 April 2015

Xiaomi Redmi 2 vs Lenovo A6000: Duel Smartphone Android Kitkat 64 Bit 4G Harga 1 Jutaan


Duel smartphone antara Xiaomi Redmi 2 vs Lenovo A6000 kali ini merupakan dua ponsel mengusung spesifikasi yang sebagian besar memiliki kesamaan dari masing-masing ponsel. Memang, soal harga rupanya masih jadi pertimbangan utama bagi konsumen tanah air sebelum menjatuhkan pilihan. Dengan masuknya teknologi seluler 4G ke Indonesia, para vendor ponsel berlomba-lomba untuk menghadirkan perangkat yang mendukung teknologi 4G ini dengan harga yang paling menarik.



Dari berbagai merek ponsel 4G yang beredar di pasar, Lenovo A6000 dan Redmi 2 siap mencuri perhatian para peminatnya dengan banderol harga IDR 1 jutaan. Untuk itu, simak komparasi atau perbandingan dari dua ponsel asal negeri Tirai Bambu ini dalam ulasan berikut ini.

1) Desain

Dilihat dari dimensi bodi yang diusung, Redmi 2 tampak lebih ramping dibandingkan dengan Lenovo A6000. Menariknya, bobot Lenovo A6000 ternyata lebih ringan pada angka 128 gram meski secara fisik terlihat lebih tebal dan besar dari Redmi 2. Sedangkan, untuk bobot Redmi 2 ada pada angka 133 gram.


Beralih pada desain yang diusung, Redmi 2 tampak elegan dengan dengan lapisan matte pada penutup belakang ponsel. Anda bisa melihat tiga tombol sensitif sentuh berwarna merah di bawah layar ponsel. Ketiga tombol tersebut terdiri dari recent apps, home dan back.

Sama seperti Redmi 2, Lenovo juga menggunakan material plastik dengan lapisan matte. Meski secara visual terlihat sama, namun backcover milik Lenovo A6000 ternyata lebih mudah meninggalkan bekas minyak atau keringat. Dalam paket penjualannya di pasar, Lenovo juga menyertakan jelly case untuk melindungi sekujur bodi ponsel dari kemungkinan tergores.

2) Display

Mengusung bentang layar 4,7 inci, Redmi 2 datang dengan layar IPS LCD yang sanggup menanggapi input sentuh hingga sepuluh titik. Menilik ukurannya yang besar, wajar saja bila Xiaomi membekalinya dengan resolusi HD yang memiliki kerapatan layar 312 piksel per inci. Untuk melindungi layarnya yang luas itu dari goresan, Xiaomi menggunakan kaca antigores Dragontrail Glass.


Sedangkan untuk A6000, Lenovo menyuguhkan layar dengan diagonal 5 inci yang sangguo menerima lima titik sentuh sekaligus. Dengan layar IPS LCD yang mengusung resolusi HD, Lenovo A6000 memiliki kerapatan layar 294 piksel per incinya. Sayangnya, Lenovo ternyata belum melindungi layar A6000 dengan lapisan kaca antigores, baik dari jenis Gorilla Glass ataupun Dragontrail Glass.

Jika Anda meletakkan dua ponsel secara berdampingan, layar Redmi 2 bakal terlihat memancarkan warna putih yang lebih cemerlang dibandingkan wana putih yang dipancarkan milik A6000 yang terlihat agak pucat.

3) Sistem operasi (OS) dan User Interface (UI)

Soal sistem operasi, Lenovo dan Xiaomi sama-sama membawa Android Kitkat 4.4.4. Lenovo mengusung antarmuka Vibe UI yang merupakan andalannya, sementara Xiaomi hadir dengan antarmuka MIUI yang menyediakan beragam tema dan fitur yang melimpah. Akibatnya, MIUI lebih banyak memakan memori yang berdampak pada konsumsi daya yang lebih besar.


MIUI merupakan antarmuka seluruh produk Xiaomi yang memungkinkan pengguna untuk memilih beragam tema yang telah disediakan oleh pengembang lokal dan internasional cukup dengan menggunakan akun MIUI yang bisa Anda daftarkan secara gratis. Jumlah tema MIUI yang terus bertambah tentunya menjadi nilai tambah tersendiri bagi Redmi 2. Antarmuka MIUI juga memungkinkan pengguna untuk membuat akun guest mode guna melindungi privasi pemilik ponsel.

Sedangkan, antarmuka milik Lenovo A6000 punya penampakan yang kurang lebih sama meski dengan kemampuan kostumisasi yang lebih terbatas. Pengguna dapat mengakses quick setting yang terdapat pada jendela notifikasi ponsel.

Sama seperti Xiaomi, pada Lenovo A6000 hanya memiliki homescreen tanpa app drawer. Untuk mengganti wallpaper, Anda cukup menyapukan jari Anda dari sudut bagian atas layar ke tengah layar. Vibe UI juga dilengkapi dengan desktop gesture setting untuk mengakses menu cukup dengan pola gerakan jari.

4) Internet dan Konektivitas

Untuk keperluan menjelajah di dunia maya, Redmi 2 dan Lenovo A6000 sama-sama telah mendukung jaringan 4G LTE yang sesuai dengan frekuensi operator yang ada di Indonesia. Keduanya juga sama-sama mengusung dua slot kartu micro SIM.

Pada Redmi 2 dapat mengakses 4G LTE secara bergantian. Sementara pada Lenovo A6000, slot pertama saja yang dapat mengakses 4G LTE, sedangkan slot kedua miliknya hanya dapat mengakses GPRS. Anda dapat memilih browser bawaan atau Chrome untuk menjelajah di internet pada Redmi 2. Sedangkan pada A6000, Lenovo hanya menyertakan browser Chrome.

Beralih ke sisi konektivitas, Redmi 2 juga sudah dilengkapi dengan fitur USB on-the-go yang memungkinkan pengguna untuk membaca file yang ada dalam flashdisk. Fitur yang sama tidak akan Anda dapatkan pada Lenovo A6000. Pengguna juga dapat bertukar data dengan menggunakan kabel data dan Bluetooth 4.0.

5) Hardware dan Benchmark

Lenovo A6000 dan Redmi 2 memiliki spesifikasi hardware yang sama persis. Dapur pacunya adalah menggunakan prosesor Snapdragon 410 Quadcore berkecepatan 1.2 GHz yang didukung dengan kapasitas RAM sebesar 1 GB. Untuk pengisian daya, Lenovo A6000 dan Redmi 2 masing-masing dibekali dengan baterai berkapasitas 2.300 mAh dan 2.200 mAh. Xiaomi membekali Redmi 2 dengan 9 (sembilan) sensor, sementara Lenovo hanya mempersenjatai A6000 dengan 3 (tiga) sensor.

Hasil pengukuran dengan Antutu Benchmark menunjukkan bahwa angka 20.463 dan 20.497 masing-masing untuk Redmi 2 dan Lenovo A6000. Sedangkan dengan Quadrant Standard diperoleh skor 11.558 dan 10.879 untuk Redmi 2 dan Lenovo A6000.

Pengolahan grafis dengan kecepatan tertinggi diraih oleh Lenovo A6000 dengan skor 54.3 fps yang ditempel ketat oleh Redmi 2 dengan kecepatan 54.0 frame per detik.

6) Kamera dan Video

Kedua smartphone asal negeri Tirai Bambu ini sudah dilengkapi dengan dua kamera belakang dan depan yang datang dengan resolusi masing-masing 8 MP dan 2 MP.

Setting kamera Redmi 2 tampak lebih unggul dengan kemudahan dalam penggunaannya serta interface yang diusungnya berupa 12 filter serta mode pemotretan lanjutan seperti panorama, HDR, skin tones serta manual.

Beralih pada Lenovo A6000, pengguna juga dapat memotret dengan mengatur ISO, exposure, scene mode, white balance, saturasi dan kontras. Pengguna juga dapat memilih mode pemotretan panorama dan HDR. Meski ragam setting yang disertakan tidak kalah lengkap, namun terkesan lebih rumit karena tidak mengadopsi bentuk ikonik sebagaimana pendekatan yang dilakukan pada Redmi 2.

Hasil pemotretan di luar ruangan menunjukkan gambar yang lebih terang serta warna yang lebih natural untuk Lenovo A6000. Sementara gambar yang dihasilkan kamera Redmi 2 terlihat agak kekuningan.

Sedangkan, pemotretan di dalam ruangan menampilkan gambar yang lebih baik untuk kamera Redmi 2 dan gambar yang lebih gelap untuk kamera Lenovo A6000. Dengan kualitas layar yang lebih baik, foto yang ditampilkan pada lyar Redmi 2 memang tampak lebih bagus daripada tampilan yang disuguhkan pada layar monitor PC.

Berikut hasil foto dari kamera depan dari masing-masing smartphone.


7) Multimedia

Pemutar video untuk Redmi 2 dan Lenovo A6000 punya kemampuan yang sama dalam memainkan video hingga resolusi full HD.
Meski Lenovo sudah menggunakan pemutar video bawaan, namun ternyata tampilan interface miliknya tak jauh berbeda dengan tampilan pemutar video milik Redmi 2. Keduanya sama-sama belum dapat menampilkan subtitle.

Untuk memainkan musik, Anda dapat memilih pemutar musik bawaan khas vendor atau Google Play Music. Redmi 2 menyuguhkan efek suara khas MIUI yang sangat pas digunakan bersama headset yang dapat dibeli terpisah. Sementara untuk Lenovo A6000, Anda bisa menikmati efek suara Dolby Mobile yang dapat diaktifkan pula untuk pemutar video, game dan telepon.

Kedua ponsel ini juga dapat menerima siaran radio meski untuk Redmi 2, Anda tentu harus membeli earset karena belum disertakan atau dijual terpisah.

8) Uji ketahanan ponsel

Mengenai ketahanan dari Redmi 2 dan Lenovo A6000, kami mengutip informasi terkait hal ini dari teknologi.metrotvnews.com yang menampilkan gambar animasi seperti yang terlihat di atas dengan cara menjatuhkan kedua ponsel tersebut ke lantai kayu dari ketinggian dada orang dewasa. Dan hasilnya lagi-lagi tampak sama. Keduanya baik-baik saja dan masih beroperasi secara normal.

9) Harga

Mengenai masalah harga yang dibanderol, kami mengutip informasi harga dari tabloidpulsa.com yang mana memberikan kepastian dari masing-masing ponsel tersebut. Untuk harga Xiaomi Redmi 2 dibanderol seharga IDR 1,6 juta, sedangkan harga Lenovo A6000 dibanderol seharga IDR 1,5 jutaan, tepatnya IDR 1.499.000,-. Dari informasi yang kami dapat bahwa selisih harga dari kedua smartphone tersebut berkisar IDR 110.000,-.

Untuk masalah harga, Lenovo A6000 unggul dengan harga lebih murah di bawah harga Xiaomi Redmi 2. Ini disesuaikan juga dengan keunggulan dari masing-masing smartphone.


10) Kesimpulan

Dari hasil komparasi atau perbandingan yang telah kami lakukan, Redmi 2 memiliki lebih banyak keunggulan daripada Lenovo A6000. Dengan dukungan komunitas pengembang ROM yang lebih besar, Redmi 2 tentu menawarkan ragam personalisasi dan kustomisasi yang lebih lengkap serta memuaskan bagi kebanyakan pengguna.

Namun demikian, dari sisi layanan purnajual yang diberikan, Lenovo tentu lebih unggul dengan jaringan service center yang tersebar secara merata di wilayah nusantara.

Sekian ulasan dari kami mengenai Duel smartphone Xiaomi Redmi 2 vs Lenovo A6000. Terima kasih telah menyempatkan diri untuk membaca ulasan ini hingga akhir, semoga bermanfaat bagi semuanya.

Disqus Comments